Apakah anda pernah mendengah LXC atau Linux Container? LXD merupakan tools manage container yang fitur/tools dikembangkan lebih banyak daripada LXC. Menurut dari stackshare.io, LXC merupakan Linux Container dan LXD merupakan Daemon based on liblxc offering a REST API to manage containers. LXC berperan sebagai userspace interface untuk linux kernel. LXC interface akan menjalankan fitur atau tools, yang kemudian dapat membantu Linux user dalam membuat dan memanage system atau kontainer aplikasi.

LXD

Akan tetapi, LXD bukan merupakan versi terbaru dari LXC. Faktanya LXD merupakan sistem yang dibangun berdasarkan LXC dan memberikan kemudahan dalam penggunakan. Malah, LXD menggunakan LXC menggunakan liblxc dan melakukan aksi dalam memanage container. Pada dasarnya LXD merupakan salah satu alternatif tools dalam menggunakan LXC. LXC mapun LXD bisa diklasifikasikan sebagai Virtual Machine Platform & Containers tools. Sehingga LXC maupun LXD dapat berperan sebagai virtual private server pada local system kita yang dijalankan menggunakan containers. Eh bicara containers, apakah perbedaannya dengan Docker?

Bicara kesamaan tentu dapat dilihat bahwa baik LXD dan Docker merupakan teknologi containers. Containers adalah mekanisme virtualisasi yang tidak mengaharuskan anda untuk menyiapkan mesin virtual (vm) yang mebuat kerja dari hardware lebih keras. but.. for the second time, namun apakah bedanya? salah satu perbedaannya adalah filesystem pada docker menggunakan bentuk abstraksi dari Docker, sedangkan lxc menggunakan fitur filesystem secara langsung. Jaringan pada docker juga merupakan abstraksi sementara dengan lxc Anda dapat mengatur alamat ip dan konfigurasi perutean lebih mudah.

Yaa, mulai pahamkan dengan apaitu yang disebut sebagai LXD. Mari kita lanjut bagaimanakah caranya membangun LXD dalam system?
berikut tutorialnya
https://www.youtube.com/watch?v=N_wsHW_p8Co

sumber:
https://stackshare.io/stackups/lxc-vs-lxd
https://qastack.id/unix/254956/what-is-the-difference-between-docker-lxd-and-lxc
https://archives.flockport.com/lxc-vs-docker/


Avatar photo

Rinov

Suka nyoba nyoba