Setelah sebelumnya melakukan instalasi Odoo, kali ini kita akan mencoba menginstall atau menambahkan add-ons kedalam instance Odoo kita. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menginstall add-ons Odoo, yakni:

  • Melalui Odoo App Store
  • Github Repository/Zip File Installation

Cara pertama yang paling mudah adalah melalui Odoo App Store. App Store dapat diakses melalui menu/sidebar yang ada pada Odoo, berikut merupakan tampilan App Store pada Odoo.

Untuk menambah add-ons kamu cukup klik install pada add ons yang diinginkan lalu tunggu beberapa saat. Nantinya add ons tersebut akan muncul pada menu/sidebar Odoo.

Selain melalui App Store, add ons Odoo juga bisa diinstal melalui file zip. Pertama-tama kamu perlu download dan ekstrak zip file add ons yang akan digunakan, lalu matikan Odoo dan jalankan kembali dengan command berikut

odoo --addons-path=~/odoo_modules

Dalam kasus ini penulis menyimpan semua hasil ekstrak dari zip file add-ons yang akan digunakan pada “~/odoo_modules”, silahkan sesuaikan kembali path ekstrak kamu. Setelah Odoo berjalan buka kembali halaman Apps, add-ons yang kamu inginkan akan muncul dan perlu diinstall terlebih dahulu sebelum digunakan.