Untuk salah satu fasilitas demo produk kami yaitu Coofis kami menggunakan RancherOS sebagai sistem operasinya. Dipilihnya RancerOS ini karena kami rasa installasi nya sangat simple dan mudah, apalagi didukung dengan one-clik install dari Digital Ocean. Dengan segala pertimbangan jadilah kami memilih menggunakan RancherOS itu.

Dibalik kemudahan itu ternyata tersimpan misteri yang tidak kami sadari. Jadi kami memutuskan untuk menggunakan droplep (Satuan komputasi awan dari Digital Ocean) dengan kapasitas storage 40GB. Setelah digunakan untuk menjalankan beberapa container, tiba-tiba salah satu developer melaporkan bahwa kapasitas storage sudah penuh, sudah digunakan 100%.

Tentu saja saya tidak percaya mencoba mengeceknya sendiri dan ternyata benar, kapasitas storage sudah 100%. Saya sempat binggung, padahal container yang kami bangun hanya berukuran 500-800 MB saja dan lagi hanya 4 buah yang berjalan. Memang ada beberapa image container lain yang berukuran 500-an MB “tergeletak” tidak terpakai. Tapi paling kan cuma total 6-7GB saja.

Ohhh, itu dia. Ternyata setelah saya perhatikan dengan lebih seksama, RancherOS hanya menggunakan 7GB dari keseluruhan ukuran storage. Pantas saja dia kehabisan ruang. Kalau anda mengalami masalah serupa dan ingin menggunakan seluruh kapasitas storage yang ada caranya simple. Berikut ini langkah-langkah nya :

  1. Perbesar volume atau partisi utama rancheros dengan perintah berikut
    growpart /dev/vda 1
  2. Perintahkan kernel untuk membaca ukuran partisi yang baru dengan perintah berikut
    partprobe
  3. Lakukan Online Resize Filesystem dengan perintah berikut
    resize2fs /dev/vda1

Selamat mencoba


Bramandityo Prabowo

Bramandityo Prabowo

Suka makan dan tentu saja suka masak. Tertarik dengan Functional Programing, Distributed System, Network Security, Operating System Customization, Virtualization dan NoSQL. Language of choices nya adalah Python, Bash, Go, Erlang, Nimlang. Rust dan Ocaml.