Pada tulisan sebelumnya , kami mengajak anda untuk sedikit berkenalan dengan FreeBSD. Maka kali ini kita akan masuk lebih jauh lagi. Installasi adalah langkah awal itu.

Saat ini FreeBSD memiliki beberapa format media installasi. Bisa kunjungi https://www.freebsd.org/where.html untuk mengunduh format media installasi yang cocok. Untuk kali ini kita akan mencoba melakukan installasi FreeBSD dengan bantuan VirtualBox.

FreeBSD sudah merilis versi FreeBSD 12.1-RELEASE saat tulisan ini dibuat. Namun karena koleksi ISO file yang kami miliki sedikit “Jadul” maka kita akan mecoba melakukan installasi menggunakan versi FreeBSD 12.0-RELEASE. Secara garis besar akan sama antara 12.0 dan 12.1.

Saya sudah membuat sebuah rekaman video yang berisikan langkah-langkah installasi FreeBSD. Pada video tersebut saya menggunakan VirtualBox sebagai media virtualisasi nya. Menyertakan 3GB memory dan 4 vcpu processor.


Avatar photo

Bramandityo Prabowo

Suka makan dan tentu saja suka masak. Tertarik dengan Functional Programing, Distributed System, Network Security, Operating System Customization, Virtualization dan NoSQL. Language of choices nya adalah Python, Bash, Go, Erlang, Nimlang. Rust dan Ocaml.